MENYUNTING KARANGAN

Pengertian
Menyunting karangan adalah memperbaiki karangan berdasarkan kaidah-kaidah yang benar, yang meliputi ejaan, tanda baca, pilihan kata, kalimat, paragraf, sistematika penyajian, keterbacaan, dan kebenaran konsep.

Ejaan,    yang dimaksud di sini adalah menggunakan ejaan yang  sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Tanda baca, yaitu ketepatan penggunaan dan penempatan tanda baca, seperti tanda titi(.), tanda koma (,), tanda titik koma (;), tanda titik  dua(:), tanda petik satu (‘…’), tanda petik dua(“…”), dsb.

Diksi,     yaitu pilihan kata yang sesuai dengan  konteks kalimat.

Kalimat, yaitu keefektifan kalimat

Paragraf, yaitu  keterpaduan dan keruntutan  paragraph

Tujuan Menyunting

adalah untuk mempersiapkan naskah yang baik dan benar sebelum  diterbitkan naskah tersebut biasanya berupabuku, surat kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya. kegiatan menyunting juga disebut dengan mengedit, orang yang melakukan kegiatan tersebut disebut editor

Contoh: (naskah sebelum disunting)

Merawat tanaman hias

Tanaman hias merupakan tanaman yang berfungsi untuk menambah keindahan. Tanaman hias dapat diletakkan didalam atau diluar  baik dirumah, dikantor maupun dimana saja. Banyak berbagai jenis tanaman hias dijual dengan harga bervareasi. Agar tanaman hias dapat tampil dengan indah harus dirawat dengan baik. Dalam merawat harus mengetahui karakteristik dsan kebutuhan tanaman. Sebagai contoh misalnya merawat tanaman anggrek harus mengetahui sifat-sifat dan kebutuhan tanaman anggrek tersebut sehingga tanaman anggrek itu dapat tumbuh dengan sehat. Demikian  juga untuk merawat tanaman  hias lainnya harus mengetahui dan memahami  sifat-sifat dan kemutuhan tanaman.

Karangan tersebut di atas belum memenuhi standar karangan yang baik dan benar karena ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan, misdalnya sebagai berikut.

  1. Penulisan judul karangan.
  2. Penulisan kalimat pada awal paragraf
  3. Kalimat pertama dalam karangan tersebut tidak efektif.
  4. Pada kalimat kedua terdapat kesalahan penulisan kata dan tanda baca.
  5. Pada kalimat ketiga terdapat kesalahan ejaan.
  6. Dsb.

Alur Kerja Editor

  1. Membaca naskah dengan tuntas
  2. Menandai bagian-bagian yang meragukan
  3. Mengeksekusi naskah dengan memperbaiki temuan.
About these ads

About gmsukawidana

Gm. Sukawidana, penyair yang lebih lekat dengan predikat gelandangan ini sesungguhnya seorang guru di sebuah SMP di Denpasar sejak tahun 1982.Mulai menulis puisi sejak kelas 2 SPG Negeri Denpasar. Tulisannya tersebar di berbagai media lokal maupun luar daerah sperti Bali Post, Nusa Tenggara, Swadesi, Mutiara, Simponi, Pedoman, Nafiri, Berita Buana, Republika, dll. Aktif di Sanggar Minum Kopi, saat ini masih setia mengasuh sanggar Cipta Budaya SMP Negeri 1 Denpasar. Puisinya terhimpun dalam antologi Upacara Tengah Hari, Upacara Senja Upacara Tanah Moyang, dan Lukisan Magis Tanah Bali (bersama Lilik Mulyadi dan Putu Sujana).

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s