Memahami Teks

(Ide pokok, fakta, pendapat, kesimpulan, ikhtisar, tanggapan, menjawab pertanyaan )

A.Penentuan Ide Pokok

Ide pokok atau gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Ide pokok terdapat pada kalimat pokok/ utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Ada juga yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Hal yang merupakan ciri kalimat pokok antara lain memiliki makna yang paling umum di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragraf tersebut.

Contoh:

            Rumah tinggalku sangat menyenangkan. Kakak dan adik-adikku serta aku merasa tentram bila berada di rumah. Kami bisa berdiskusi, bercengkerama, dan kadang bersenda gurau untuk hal-hal yang lucu. Teman-temanku juga merasa betah bila belajar di rumahku. Di samping tempatnya nyaman, jauh dari kebisingan .

Ide pokok Paragraf tersebut adalah rumah yang menyenangkan

 

B. Penentuan Fakta dan Pendapat

1. Fakta merupakan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, suasana yang benar-benar terjadi dan bersifat objektif.

2. Pendapat yang kemungkinan kebenarannya sangat relatif karena dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif. Dalam soal, pendapat memiliki ciri-ciri fisik yang biasanya ditandai kata-kata seperti: mungkin, bisa jadi, sangat, tidak mungkin, sebaiknya, dan lain-laan suara mobil, juga penghuninya ramah tamah

Contoh Kalimat Fakta:

a. Mendiknas meresmikan Fakultas Kedokteran Universitas Muhamadiyah Jakarta 15 Juni 2003.

b. Negara Indonesia terdiri atas pulau besar dan kecil.

Contoh Kalimat Pendapat:

a. Sebaiknya Anda menunggu sampai acara selesai.

b. Langit mendung mungkin sebentar lagi hujan  deras

C. Penentuan Kesimpulan

Kesimpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Bisa dikatakan bahwa kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi. Dalam soal bahasa Indonesia kesimpulan bisa berupa rangkaian kalimat-kalimat fakta yang diberi pendapat

Contoh:

            Pengguna jasa angkutan udara dan laut di Balikpapan, Kalimantan Timur menuju Ujungpandang dan Surabaya pada musim liburan sekolah Juni-Juli 1996 mencapai puluhan ribu orang. Seluruh penerbangan dan pelayaran menuju Surabaya penuh dan pesanan tiket melonjak dari hari biasa.

Kesimpulan: Pesanan tiket jasa angkutan melonjak pada musim libur sekolah.

D. Penentuan Ikhtisar

Ikhtisar merupakan intisari dari beberapa kalimat dalam paragraf atau intisari beberapa paragraf dalam teks bacaan yang disusun bebas dalam satu bentuk tulisan baru tanpa mengubah isinya.

Contoh:

      Bapak dan Ibu Guru, jasamu cukup besar kepada kami. Kami tidak dapat membalas jasa Bapak/Ibu kepada kami. Kami hanya bisa mengucapkan terima kasih atas segala apa yang telah Bapak/Ibu berikan.

      Kepada adik-adikku kelas satu dan dua, kakak yakin selama kita bergaul, banyak sekali kesalahan yang kakak buat. Dalam kesempatan yang baik ini, kakak mohon maaf dan kalau ada kesalahan adik-adik kepada kakak, kakak telah memaafkannya. Kakak berpesan kepada kalian, rajin-rajinlah belajar, dengarkan, dan laksanakan apa yang disampaikan Bapak dan Ibu Guru, serta manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan kalian            memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari apa yang kami capai saat ini.

Ikhtisar: Perwakilan siswa kelas tiga menyampaikan terima kasih kepada gurunya. Ia juga berpesan kepada adik-adik kelasnya agar menjadi siswa yang baik dan meminta maaf atas kesalahankesalahannya

E. Menentukan Tanggapan

Tanggapan merupakan respon terhadap fakta yang ada. Bentuknya bisa berupa kalimat pendapat yang didasarkan pada isi teks. Bila isi teks menginformasikan hal positif dapat dibuat tanggapan positif berupa persetujuan. Namun, bila isi teks negatif, tanggapan bisa berisi negatif atau penolakan

Contoh:

Karakter lalu lintas di jalur Cikampek– Cirebon memang sangat berbeda dengan jalur lainnya. Jalur ini dipadati oleh truk dan bus dari berbagai jenis dan ukuran. Tak pelak lagi pengemudi kendaraan pribadi harus ekstra hati-hati.

Tanggapan: Menurut saya jika melewati jalur Cikampek – Cirebon, kita harus ekstra hati-hati karena jalur ini berbeda dengan jalur lainnya.

 

F. Menjawab Pertanyaan

Ada beberapa kata bantu tanya yang biasa digunakan dalam memahami bacaan. Kata bantu tanya tersebuat adalah apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Kelima kata tersebut dikenal dengan bahasa asing 5 W + 1 H; what, who, where, when, why, dan how.

            – Apa digunakan untuk menanyakan benda

            – Siapa digunakan untuk menanyakan orang

            – Di mana digunakan untuk menanyakan tempat

            – Kapan digunakan untuk menanyakan waktu

            – Mengapa digunakan untuk menanyakan alasan,  sedangkan

            – Bagaimana digunakan untuk menanyakan keadaan

About gmsukawidana

Gm. Sukawidana, penyair yang lebih lekat dengan predikat gelandangan ini sesungguhnya seorang guru di sebuah SMP di Denpasar sejak tahun 1982.Mulai menulis puisi sejak kelas 2 SPG Negeri Denpasar. Tulisannya tersebar di berbagai media lokal maupun luar daerah sperti Bali Post, Nusa Tenggara, Swadesi, Mutiara, Simponi, Pedoman, Nafiri, Berita Buana, Republika, dll. Aktif di Sanggar Minum Kopi, saat ini masih setia mengasuh sanggar Cipta Budaya SMP Negeri 1 Denpasar. Puisinya terhimpun dalam antologi Upacara Tengah Hari, Upacara Senja Upacara Tanah Moyang, dan Lukisan Magis Tanah Bali (bersama Lilik Mulyadi dan Putu Sujana).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s